Blogger Template by Blogcrowds

Wafatnya Nabi Adam a.s.

Nabi Adam as telah menjalani kehidupannya bersama isteri dan anak cucunya, dengan berbagai macam bentuk kehidupan. Suka dan duka telah mereka jalani dengan penuh kerelaan menerima takdir Tuhan. Penuh syukur terhadap semua nikmat yang telah diberikan Allah swt kepada mereka. Nabi Adam as hidup dengan membawa misi dari Allah swt iaitu sebagai Khalifah fi Al-Ardhi. Ertinya manusia yang diberi amanah oleh Allah swt untuk mengatur keutuhan alam. Setelah misi itu dijalankan oleh Nabi Adam as dengan penuh keikhlasan dan tanpa menyerah. Allah swt menarik kembali terutusnya Nabi Adam as; untuk kembali di hadirat Allah swt. Nabi Adam as telah sampai pada batas kehidupannya di alam bumi. Dan Nabi Adam as harus mengakhiri waktunya serta menyerahkan segala urusannya dan juga tanggungjawabnya kepada Allah swt.


Allah berfirman :

”Semua yang mempunyai nafas (nyawa), pasti akan merasai mati”


Setelah menjalani kehidupannya selama kurang lebih 960 tahun, dengan berbagai bentuk macam kehidupan, melewati jalan terjal yang membahayakan, akhirnya Nabi Adam as kembali ke hadirat Allah swt. Yang pada saat itu anak cucunya telah mencapai 100 ribu jiwa. Baik laki-laki mahupun perempuan, dengan berbagai macam bentuk, kebiasaan, istiadat serta telah menyebar ke berbagai pelosok bumi. Konon, sesaat sebelum Nabi Adam as meninggal, beliau berkata kepada Allah swt. ”Wahai Tuhanku, musuhku (iblis) akan bangga mendengar khabar kematianku“,


Allah swt. Menjawab:

“Sesungguhnya kamu (Adam as.) akan dikembalikan ke syurga. Dan Iblis yang dilaknat itu akan diakhirkan sampai masa penangguhan (akhir kiamat).

Supaya ia menanggung rasa sakit matinya orang-orang terdahulu

dan orang-orang yang akhir”.

0 ulasan:

Newer Post Older Post Home


Hijri Date Converter
Today's Date: Tuesday, 06/23/109
 
Gregorian Calender
Month Day Year
Hijri/Islamic Calender
Month Day Year
 
Day of the Week: